Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0



Assalamualaikum wr. wb.


Bismillah alhamdulillah saya masih bisa memberikan artikel/postingan tutorial-tutorial terbaru untuk blog sederhana ini, pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial singkat, padat dan jelas mengenai software legend visual basic 6.0. tutorial kali ini adalah tentang cara membuat menu bar pull down dengan visual basic. Udah pada taukan menu bar pull down itu apa ??,, yaa menu bar pull down adalah menu-menu yang biasanya kita lihat kalo kita buka aplikasi/software utility seperti Microsoft office, adobe photoshop, notepad, dll, biasanya kalo kalian mau membuat file baru/ lembar kerja baru ataupun kalo kalian mau menyimpan atau mengedit nah itulah menu bar pull down, contoh: di photoshop kalo kalian mau menyimpan poto yang sudah di edit kalo pake cara manual kan biasanya kalian klik file yang ada di pojok kiri atas terus muncul pilihan-pilihan baru kebawah seperti save,open,save as, dll, atau kalian klik Image ada pilihan-pilihan lagi muncul seperti image size, transform, dll. Nah itulah menu-menu yang disebut menu bar pull down. Oke, cukup jelas ?? lansung saja ke cara pembuatannya.

            Berikut langkah-langkahnya :

     1. Buka Visual Basic 6.0 ( kalo belum punya silahkan download dulu)
\    2. Buat project dan form baru.

Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0

     3. Pilih pada menu bar Tools > Menu editor atau bisa juga dengan tekan kombinasi keyboard CTRL+E (lihat gambar).

Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0

     4.  Klik Insert dan isi Caption dan Name yang tersedia terserah anda untuk nama-nama menu bar yang akan anda buat nantinya, bisa lihat contohnya di gambar di bawah.

Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0

     5. Klik Next untuk menambah Menu-Menu lainnya.

Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0

     6. Kalo sudah klik OK dan lihat hasilnya pada form1 .

Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0
     
     7. Setelah selesai membuat menu untuk menu bar, kita buka lagi menu editor untuk menambah pilihan-pilihan menu yang akan keluar nantinya  jika menu-menu di atas di klik. Untuk menambah nya cukup membuat menu dan disimpan di bawah menu sebelumnya nah bedanya disini sesudah anda memasukan nama/caption untuk menunya klik dulu tanda panah ke kanan dan akan muncul ….. sebelum nama menunya. Bisa dilihat di gambar.

Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0

      8. Nah setelah anda mengerti dasarnya, anda pasti tau juga kan nantinya harus gimana ? tinggal ulangi aja tahap-tahap di atas untuk menambah pilihan/menunya sendiri. Ini hasilnya kalo udah jadi.

Membuat Menu Bar Pulldown dengan VB 6.0


            Cukup sekian tutorial tentang visual basic 6.0 kali ini dari saya, Mohon maaf jika masih banyak tulisan-tulisan saya yang sulit di mengerti masih belajar soalnya hehe. Terimakasih sudah membaca artikel/postingan kali ini. Kunjungi setiap hari blog ini ya,, karena setiap harinya juga insya allah akan saya update artikel-artikel lainnya. Sekian.

Wassalamualaikum wr.wb




Previous
Next Post »

Berkomentar lah yang Sopan, Terimakasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon